cara mudah mengerti filosofis persamaan akuntansi

cara mudah mengerti filosofis persamaan akuntansi


persamaan akuntansi merupakan dasar pelajaran yang amat mendasar dalam memahami ilmu akuntansi secara umum. ilmu akuntansi merupakan ilmu yang mendukung perkembangan bisnis.bisnis yang matang adalah bisnis yang tidak hanya mampu berkembang memenuhi trend permintaan pasar,tetapi juga dapat menganalisis ataupun  meramalkan kondisi kesehatan keuangannya. beberapa kunci sukses sebuah perusahaan adalah memiliki ide untuk membuat produk yang menjawab kebutuhan, memiliki keahlian pemasaran yang mumpuni serta memiliki pengatur keuangan yang ahli.

nah untuk menjadi sorang pengatur keuangan yang ahli sobat harus memiliki pengetahuan akuntansi yang dibutuhkan oleh perusahaan yang disesuaikan dengan perusahaan sobat naungi, misalnya nih sobat bekerja di perusahaan manufaktur, paling tidak sobat memiliki keahlian di dalam akuntansi keuangan dan akuntansi biaya serta  akuntansi manejemen, bila sobat bekerja di pemerintahan sobat paling tidak menguasai akuntansi keuangan, akuntansi pemerintahan dan akuntansi perpajakan. bila sobat berada di perusahaan jasa sobat juga harus mengerti penerapan akuntansi keuangan di perusahaan jasa yang sobat naungi.

sebenarnya semakin kompleksnya perkembangan bisnis saat ini ilmu akuntansi semakin berkembang mengikuti kebutuhan zamannya. hal yang tidak lagi relevan untuk dipakai di dalam bisnis mulai ditinggalkan dan digantikan oleh peraturan baru yang lebih mendukung perkembangan bisnis.tentunya hal ini menuntut para akuntan untuk lebih peka terhadap perkembangan kebutuhan bisnis, karena dengan adanya perkembangan tersebut bukan rahasia umum lagi sob, bahwa kecurangan di sektor keuangan pun meningkat begitu pula modusnya.

namun bukan berarti sobat melupakan persamaan dasar akuntansi. karena persamaan akuntansi merupakan akibat yang timbul dari transaksi. maka dengan jelas sekali AKtiva = kewajiban + modal adalah dasar yang tidak boleh di lupakan oleh setiap akuntan apalagi orang yang sedang belajar seperti kita. persamaan dasar akuntansi menjelaskan bagaimana pengaruh transaksi terhadap aktiva kewajiban dan modal. mungkin sobat bertanya kenapa ya kok kewajiban itu di tuliskan terlebih dahulu sebelum modal?? urutan penulisan itu tidak asal asalan sobat, tetapi memiliki makna filosofis tersendiri. hal itu dikarenakan kewajiban merupakan klaim kreditor atas aktiva yang perusahaan sobat miliki.

Aktiva = kewajiban + modal
Aktiva-kewajiban = Hak kekayaan Pemilik.

ads

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.